Aplikasi Hypnosis dalam Keseharian


Ketika kita mendengar kata hipnotis, seringkali orang merasa ngeri dan membayangkan suatu ilmu yang melibatkan unsur mistis dan magis, yang digunakan untuk suatu tindak kejahatan atau untuk mengerjai orang lain. Apa lagi setelah kita menonton berbagai acara hipnotis di Televisi, dimana dalam acara tersebut, seolah-olah seseorang dapat diperintahkan menjadi apapun dan melakukan apapun sesuai dengan apa yang diinginkan oleh sang penghipnotis hanya dengan menggunakan jentikan jari, sentuhan, atau pandangan mata.

Pertanyaan yang muncul, benarkah demikian? Apakah sebenarnya hipnotis itu? Apa saja aplikasi terapan dari hipnotis?

Hipnotis sendiri sebenarnya merupakan sebuah seni komunikasi yang sangat berhubungan dengan psikologi, yang menghasilkan suatu bentuk sugesti yang mampu mempengaruhi pikiran seseorang secara efektif (dimana proses dan hasilnya dapat dijelaskan secara ilmiah).

Salah satu hal terpenting dan wajib untuk diketahui adalah proses hipnotis sendiri sama sekali tidak berkaitan dengan hal-hal yang bersifat magis ataupun mistis. Efek ekstrim yang mampu dihasilkannya dapat dibuktikan dan dipelajari secara ilmiah.

Ketika kita bersedia untuk membuka diri dan pikiran kita, mau mempelajari beberapa aspek mengenai hipnotis secara ilmiah, ternyata, banyak sekali manfaat dan penerapan hipnotis yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan kita sehari hari. Ternyata, banyak sekali aplikasi hipnotis daripada hanya untuk kejahatan ataupun untuk mengerjai orang lain.

Di dunia barat, hipnotis sudah menjadi bagian dari salah satu solusi dan secara resmi telah menjadi pendamping solusi pengobatan medis. Melalui beberapa perkembangan dan inovasi di berbagai bidang, maka hipnotis dapat diaplikasikan dalam banyak hal lain, selain untuk kepentingan psikologi dan medis.

Kita juga seringkali belum menyadari bahwa di dalam kegiatan kita sehari-haripun kita sering secara sadar maupun tidak sadar, terhipnotis (menghipnotis diri sendiri). Misalnya ketika kita sedang terlarut dalam sebuah acara TV (yang mampu membangkitkan emosi kita). Seringkali kita ikut larut jauh dalam gelombang emosi yang ditampilkan dalam acara TV tersebut. Atau ketika kita mengetahui berita di koran atau televisi tentang suatu hal yang mampu memicu emosi kita (baik sedih, bahagia, atau marah). Bila anda pernah mengalami hal tersebut, berarti sebenarnya anda telah terhipnotis.

Masih banyak lagi kejadian-kejadian yang berkaitan dengan proses hipnotis yang berhubungan dengan kegiatan kita sehari hari. Juga masih banyak lagi aplikasi dan penerapan hipnotis yang belum kita ketahui, yang sebenarnya mampu meningkatkan kualitas hidup kita. Beberapa bidang tersebut antara lain:

* Kedokteran

Aplikasi hipnotis dalam dunia kedokteran antara lain untuk membantu proses anastesi (tanpa menggunakan obat, tetapi dengan menggunakan sugesti), membantu meningkatkan semangat dan motivasi hidup para penderita penyakit-penyakit yang berat (AIDS, Kanker, dll) sehingga mereka mampu menjalani pengobatan dengan pikiran dan perasaan yang lebih optimis, membantu menghilangkan ketakutan-ketakutan yang terjadi pada pasien (karena phobia/trauma sebelumnya), membantu proses persalinan dengan relatif nyaman (rasa sakit yang berkurang jauh), serta masih banyak lagi lainnya aplikasi di dunia kedokteran modern.

* Profesi (Pekerjaan)

Dalam dunia pekerjaanpun, aplikasi hipnotis saat ini sudah mulai diterapkan, misalnya untuk membantu membangun potensi di dalam diri maupun untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan orang lain. Karena hipnotis pada dasarnya adalah seni komunikasi yang terkait dengan penerapan psikologi, maka aplikasinya dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri, mengatur pola stress, membangun mental pantang menyerah, meningkatkan kemampuan dan mental negosiasi, membangun kebiasaan berpikir positif, dan masih banyak lagi lainnya. Semua ini merupakan hasil dari penerapan hipnotis terapan.

* Hubungan (relationship)

Penerapan hipnotis (hypnotherapy) juga dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas dalam sebuah hubungan, baik antara pasangan, antara rekan kerja, sampai antara orang-tua dengan anak (parenting). Potensi kita untuk mampu memahami pikiran dan persepsi orang lain itulah yang digali dengan menggunakan teknik terapan dari hypnotherapy, sehingga kita mampu mengerti pola pikir dan perasaan orang lain (pasangan, rekan kerja, anak/orang tua), serta lebih efektif dalam mengkomunikasikan pikiran dan pesersepsi kita pada mereka.

* Entertainment

Dalam dunia entertainment, efek hipnotis yang terkadang terlihat cukup ekstrim, mampu menjadi sebuah tontonan yang menarik dan menghibur. Tentu saja, pertunjukan yang menggunakan hipnotis, haruslah mengikuti beberapa kode etik yang jelas (tidak membahayakan dan mempermalukan subjek hipnotis tersebut). Sebuah pertunjukan hipnotis yang benar mampu membuat penontonnya kemudian menyadari kekuatan pikirannya, serta justru mampu membuka pemikiran tentang hipnotis secara positif (bukan justru membuat takut terhadap efek hipnotis).

Untuk lebih mengerti mengenai berbagai fakta penerapan hipnotis di atas, ada sebuah berita baik, yaitu adalah bahwa hipnotis ternyata juga dapat dipelajari, secara ilmiah, bagi siapapun yang memang mau mempelajarinya.

Untuk mempelajarinya memang memerlukan waktu (walaupun relatif singkat) dan ketekunan. Ilmu hipnotis tidak ada bedanya dengan ilmu eksakta lainnya, seperti psikologi, fisika, biologi, dll. Setelah mempelajarinya, yang kita butuhkan adalah rutin untuk berlatih dalam mengaplikasikannya di bidang yang kita butuhkan.

Berminat untuk memulai?

Sumber:www.htii.blogspot.com

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda