Apa Itu Mind Mapping ?



Mind Mapping atau dikenal dengan Pemetaan Pikiran adalah suatu cara atau strategi untuk memetakan pikiran kita secara keseluruhan melalui kertas. Penemu metode ini adalah Bapak Tony Buzan yang tentunya bukan berasal dari Indonesia tetapi dilahirkan di Taman Brookfield Nursing Home, Palmer Green, London N13 pada hari Selasa 2 Juni 1942
Banyak Fungsi yang bisa kita manfaatkan dalam pembuatan Mind Mapping ini, antara lain:
1. Memudahkan kita untuk belajar apa saja
2. Persiapan Meeting
3. Mencari Solusi atau Problem Solving
4. Pelaksanaan Presentasi
5. Membuat perencanaan : Kehidupan, Bisnis, etc.
6. Masih banyak fungsi yang lainnya, tergantung dari pemakainya ;)
Penggunaan Mind Mapping ini benar - benar sangat bermanfaat bagi diri kita jika selalu menggunakan sistem ini. Seberat apapun permasalahan yang kita hadapi bisa kita ketahui dan terselesaikan dengan metode Mind Mapping. Cara membuatnya pun sederhana saja, kita cukup menyediakan kertas berukuran A4 atau buku, spidol warna minimal 3 colours, dan kreativitas.
Cara proses pembuatan Mind Mapping sebagai berikut:
1. Buat Topik Inti di tengah kertas
2. Buat cabang seperti ranting untuk membuat Sub - Topik Inti
3. Buat anak - anak Sub Topik
4. Berikanlah warna untuk membedakan sub-topik yang satu dengan yang lain. Sudah teruji, warna mampu memberikan rangsangan kepada kita untuk selalu meningat dan kreatif.
5. Jangan lupa, beri gambar di masing - masing sub topik untuk sebagai pengingat ( sama fungsinya dengan penggunaan warna ). Individu lebih mudah menghafal atau mempelajari sesuatu dengan Visual.
Penggunaan Mind Mapping ini, memberikan kontribusi yang sangat banyak didalam kehidupan saya, mulai dari Study, Career, Impian, sampai relationship. Saya menggunakan metode ini semenjak masih duduk dibangku kuliah, dan puji syukur metode ini membantu saya untuk menyelesaikan study sesuai dengan harapan. Metode ini juga saya gunakan pada saat saya meniti karir. Mulai dari, bagaimana mendapatkan pekerjaan yang bagus, memenangkan persaingan, mengadakan rapat dan juga presentasi. Begitupun juga dengan Relationship dengan orang yang sangat saya cintai ;), dengan metode ini, saya bisa mengetahui karakteristik pasangan, sehingga membuat hubungan menjadi lebih seriously and romantics :p.
Jadi saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Tony Buzan, yang sudah menemukan ide brillian dan benar - benar bisa memberikan manfaat kepada kita semua.

Mau lihat lebih jauh contoh dari pembuatan Mind Mapping? Klik Disini ( hanya sebagai bahan contoh dan bukan standar baku )

By : Muhammad Hidayat




0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda